Kemendagri Gelar Rakor untuk Jamin Kelancaran Anggaran Pilkada


Penulis: Putri Anisa Yuliani - 12 April 2018, 10:34 WIB
img
Ilustrasi

KEMENTERIAN Dalam Negeri menggelar rapat koordinasi teknis evaluasi pendanaan Pilkada serentak 2018 untuk menjamin kepastian realisasi anggaran pelaksanaan kegiatan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, Bupati dan wakil Bupati, dan walikota dan wakil walikota tahun 2018.

Rakor ini turut mengundang pihak KPU RI, Bawaslu RI, dan Polri. Selain itu juga perwakilan dari 171 daerah yang menggelar Pilkada pada tahun ini.

"Rapat ini sebagai upaya evaluasi atas komitmen bersama untuk mendukung terselenggaranya kegiatan pemilihan kepala daerah," kata Direktur Jendral Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Syarifuddin di Kemendagri, Kamis (12/4).

Syarifuddin menuturkan materi dalam rakor ini berkaitan dengan tiga poin penting yakni kebijakan dan kondisi aktual Pilkada serentak, perkembangan pendanaan Pilkada serentak tahun 2018, dan pertanggung jawaban pendanaan Pilkada serentak.

"Dengan terselenggaranya rakor ini diharapkan agar tercapai pemahaman yang sama dalam penanganan permasalahan pengalokasian anggaran dan realisasi sesuai kebutuhan pelaksanaan Pilkada," kata Syarifuddin.

Ia juga menegaskan himbauannya agar ada solusi yang bisa dihasilkan untuk mempercepat pencairan anggaran hibah Pilkada.

"Semoga masing-masing daerah segera merealisasikan belanja hibah Pilkada kepada penyelenggara serta kepada institusi pengamanan sesuai target dan jadwal yang ditetapkan masing-masing daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan," tegasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT