Mendagri Lantik Soedarmo sebagai Penjabat Gubernur Papua


Penulis: Antara - 10 April 2018, 12:40 WIB
ANTARA/Galih Pradipta
ANTARA/Galih Pradipta

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo melantik Soedarmo menjadi Penjabat Gubernur Papua, di Gedung Sasana Krida Dok II Jayapura, Selasa (10/4).

Sebelumnya, Soedarmo dilantik menjadi Penjabat Sementara Gubernur Papua pada 26 Februari 2018, saat gubernur dan wakil gubernur definitif Lukas Enembe dan Klemen Tinal cuti kampanye Pilgub 2018.

Pilkada Papua diikuti dua paslon. Mereka adalah Lukas Enembe-Klemen Tinal (Lukmen) di nomor urut 1 dan John Wempi Watipo-Habel Melkias Suwae (Josua), yang mendapat nomor urut 2.

Lukas Enembe adalah Gubernur petahana Papua, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Bupati Puncak Jaya periode 2007-2012. Pria kelahiran Tolikara 27 Juni 1967 ini didukung koalisi gemuk 10 parpol yang menamakan diri Koalisi Papua Bangkit II.

Partai pendukung terdiri dari Partai Demokrat, Golongan Karya (Golkar), Nasional Demokrat (Nasdem), Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sosial (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Lukas akan didampingi Klemen Tinal, kader Golkar yang juga Wakil Gubernur Papua periode kemarin. Klemen yang mengaku menggemari olahraga catur ini juga pernah menjabat sebagai Bupati Mimika.

Sementara Calon Gubernur Papua nomor urut 2 John Wempi Wetipo (JWW) merupakan Bupati Kabupaten Jayawijaya dua periode 2010-2015 dan 2016-2021. Pria yang mengawali karier menjadi PNS sejak 1996 ini ditunjuk langsung oleh Megawati Soekarno Putri untuk jadi calon gubernur dari PDIP, dan didukung juga oleh Gerindra. (OL-5)

BERITA TERKAIT