1940: Jerman Invasi Norwegia dan Denmark


Penulis: BBC | History | Dokumentasi MI - 09 April 2018, 01:05 WIB
wikipedia
wikipedia

JERMAN mengerahkan kapal perang mereka untuk memasuki wilayah Norwegia melalui pelabuhan utama di Narvik dan Oslo. Kapal itu membawa ribuan personel tentara Jerman yang dipersiapkan dalam upaya untuk menduduki Norwegia.

Pada saat yang sama pasukan Jerman juga telah menduduki Kopenhagen, ibu kota Denmark. Pasukan Jerman mampu menyelinap melalui pertambangan Inggris yang berlokasi di sekitar pelabuhan Norwegia karena satuan perang lokal diperintahkan untuk memperbolehkan Jerman mendarat.

Perintah itu datang dari komandan Norwegia yang profasis yang juga mantan menteri luar negeri Norwegia, Vidkun Quisling. Setelah 1 jam invasi, menteri Jerman di Oslo menuntut Norwegia menyerahkan diri. Pemerintah Norwegia menolak dan Jerman menanggapinya dengan invasi parasut serta pembentukan sebuah rezim boneka yang dipimpin Quisling. Sementara itu, di Denmark Raja Christian X yang yakin pasukannya tidak bisa melawan invasi Jerman segera menyerahkan diri. Hitler akhirnya bisa menambah jumlah wilayah kekuasaannya menjadi tiga setelah usaha yang cukup keras. Sebelum Norwegia dan Denmark, Jerman telah berhasil menguasai Polandia.

 

BERITA TERKAIT