Waspadai Gejala Autisme


Penulis: Dhika Kusuma Winata - 08 April 2018, 16:21 WIB
thinkstock
thinkstock

GEJALA autisme bisa diamati saat anak berusia 1,5 tahun. Orangtua perlu memperhatikan bila anak terdapat kecenderungan gejala autisme.

Salah satunya ialah perilaku anak dalam memandang objek atau benda.

"Ketika anak berusia 18 bulan diajak memandang benda yang kita tunjuk tapi anak tersebut malah memandang kita dan tidak melihat ke objek yang kita tunjuk. Ini perlu hati-hati karena ada kecenderungan gejala autisme," kata psikiater Kresno Mulyadi dalam acara Hari Kepedulian Autisme Sedunia di Jakarta, Minggu (8/4).

Jika anak memandang objek yang ditunjuk, lanjut Kresno, anak bisa dikatakan tidak ada gejala autisme.

Cara kedua untuk mengenali gejalanya ialah respons imajinasi. Untuk menilai apakah anak punya gejala autisme atau tidak bisa diamati lewat tes imajinasi berpura-pura.

"Misalnya anak diberikan mainan telepon. Anak akan pura-pura berimajinasi kalau dia sedang menelepon. Caranya meletakkan mainan telepon di telinganya," ucapnya.

"Jika anak tidak merespons mainan yang diberikan, patut dicurigai ada kecenderungan autisme."

Jika ditemukan gejala seperti itu, terapi perilaku sedini mungkin wajib dilakukan. Terapi itu bisa dijalankan dengan metode pembelajaran kata dan kalimat pada anak. Terapi harus dijalankan setiap hari selama enam jam. (OL-3)

BERITA TERKAIT