Saat Presiden Hibur Anak-Anak Penyintas Kanker


Penulis: Rudy Polycarpus/X-6 - 07 April 2018, 09:45 WIB
ANTARA/PUSPA PERWITASARI
ANTARA/PUSPA PERWITASARI

EKPRESI wajah ceria tampak dari puluhan anak yang duduk dan berkumpul di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, kemarin pagi.

Di hadapan mereka, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak duduk lesehan membaur dengan keceriaan anak-anak, didampingi Menkes Nila Moeloek serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise.

Pertemuan Jokowi dengan anak-anak penyintas kanker di bawah naungan Yayasan Kanker Anak Indonesia itu berlangsung santai dan banyak canda.

Jokowi pun berdialog dengan anak-anak. Ia, misalnya, menanyakan soal matematika ke anak-anak. "Mau berhitung atau mau bernyanyi," Jokowi menawarkan.

Rafa, anak yang maju pertama, berhasil menjawab tantangan Jokowi yang menanyakan soal perkalian dan pertambahan. Demikian pula Alarik. Awalnya, ia yang berinisiatif berdiri menghampiri Jokowi. Tiba-tiba ia mengalami demam panggung. Sembari tersenyum, tangannya pelan-pelan menolak mikrofon yang disodorkan Presiden.

Ia menolaknya sembari menepuk-nepuk pundak mantan Wali Kota Solo itu. Jokowi yang seakan tidak sadar dengan aksi Alarik hanya tertawa lebar ketika bocah SD itu berlari kembali duduk ke tempatnya.

"Loh, kok balik (duduk) lagi? Ayo kita berhitung, mari sini. Kayaknya pintar banget nih. Ayo sini, saya beri hadiah," kata Jokowi. Alarik pun kembali dan berhasil menjawab soal.

Semua anak yang berhasil menjawab, termasuk Citra yang menari Saman, dihadiahi sepeda.

Selain hitung-hitungan, ada pula permainan sulap oleh pesulap muda, Ibnu. Ia memainkan dari trik tisu panjang hingga gelembung udara. Ibnu sempat mengajak Jokowi berdiri di tempat yang sudah disiapkan untuk masuk ke gelembung udara besar. Namun, Jokowi menolaknya. "Enggak ah, takut," kata Jokowi seraya tertawa. Iriana juga tertawa mendengar celetukan itu.

Akhirnya, justru Jokowi yang menjadi pembuat gelembung. Jokowi menggoyang-goyangkan gagang pembuat gelembung kemudian mengangkatnya ke atas. Ibnu sang pesulaplah justru yang berada di dalam gelembung besar. Anak-anak pun bersorak-sorai saat orang nomor satu di Indonesia itu aktif bermain gelembung.

Di sela-sela atraksi, Presiden memberi pesan kepada anak-anak penyintas kanker agar mereka tetap menjalani aktivitas dan memiliki cita-cita.

"Anak-anak harus punya cita-cita dan tetap semangat," ucap Presiden.

BERITA TERKAIT