Peta Digital semakin Mendekati Akurat


Penulis: Rizky Noor Alam - 07 April 2018, 06:30 WIB
img
Dok. Google Maps

BERKENDARA dengan sepeda motor tentunya bisa memangkas waktu bila memilih rute yang tepat. Baru-baru ini Google Maps menghadirkan fitur terbaru mereka, yakni fitur rute khusus sepeda motor.

Saat Media Indonesia mencoba fitur itu dari Tangerang Selatan menuju kawasan Pancoran, Jakarta Selatan. Rute yang dipilih meliputi jalan-jalan perumahan yang memang bisa dilewati sepeda motor, tetapi terkadang kurang familier bagi pengguna. Fitur ini cukup bermanfaat dan hemat waktu jika dibandingkan dengan mobil atau angkutan umum.

Fitur ini merupakan jawaban Google akan kondisi terkini masyarakat Indonesia. Pasalnya, sebagian besar rumah tangga di Indonesia memiliki sepeda motor. Bahkan, diperkirakan jumlah sepeda motor di jalanan Indonesia 7 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah mobil.

Sepeda motor dianggap memiliki kebutuhan yang lebih spesifik. Karena mampu menembus rute-rute yang tidak dapat dilalui mobil, seperti jalan sempit dan gang, tidak dapat masuk ke tol. Google mengklaim rute khusus sepeda motor yang tersedia di Google Maps dapat memberikan waktu perjalanan yang lebih akurat. Pasalnya, menggunakan model machine learning berdasarkan kecepatan sepeda motor, termasuk rute jalan pintas dan jalan sempit.

"Kami ingin memberikan pengalaman yang paling cocok dengan situasi setempat dan paling sesuai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal. Fitur khusus untuk sepeda motor merupakan fitur yang paling banyak diminta oleh masyarakat Indonesia. Kami mendengarkan masukan Anda dan kini kami dengan senang hati menawarkan fitur baru ini yang semoga dapat sedikit mempermudah masyarakat untuk bepergian dengan sepeda motor di Indonesia," ungkap Vice President Product Manager Google, Dane Glasgow dalam siaran persnya, Rabu (21/3).

Penggunaan fitur rute sepeda motor sendiri cukup mudah. Anda cukup memasukkan alamat tujuan Anda di Google Maps, lalu pilih lambang sepeda motor, rutenya pun akan langsung muncul di layar Anda.

Pelat

Tidak hanya pengendara sepeda motor yang diberi fitur istimewa di Google Maps. Pengendara mobil pun diberikan tambahan fitur baru, rute mobil sesuai pelat kendaraan. Seperti yang diketahui jalan-jalan protokol Jakarta berlaku sistem ganjil-genap, disesuaikan pada pelat kendaraan dan penanggalan pada waktu-waktu tertentu di hari kerja.

Google Maps akan mempertimbangkan sistem genap-ganjil dan mengarahkan mobil untuk menghindari jalan yang dilarang. Jika sistem sudah mengetahui penggunanya memiliki pelat nomor dengan angka terakhir genap atau ganjil, rute yang disuguhkan akan sesuai dengan rute alternatif sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Fitur ini ialah fitur pertama yang diluncurkan Google di Indonesia. Rencananya akan segera menyusul ke kota-kota lain di dunia yang memiliki kebijakan serupa.

Fitur tersebut dapat Anda nikmati dengan memasukan alamat tujuan seperti biasa, lalu pilih opsi di pojok kanan atas lalu pilih Opsi Rute. Setelah itu Anda akan diberikan pilihan pengaturan sesuai dengan pelat kendaraan mobil Anda, dengan seketika Google Maps pun akan langsung menunjukan rute sesuai dengan pelat mobil Anda.

Tidak hanya itu, fitur lainnya terkait dengan car free day, Google Maps akan memberikan informasi jadwal car free day di 30 kota di seluruh Indonesia dan akan mengarahkan Anda melalui rute yang ditutup bagi kendaraan bermotor.

(M-3)

BERITA TERKAIT