Ini 5 Program Unggulan Viktor-Joseph untuk Pembangunan NTT


Penulis: Githa Farahdina - 05 April 2018, 21:45 WIB
img
MI/Pius Erlangga

PASANGAN calon nomor urut 4 Pilgub Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat-Joseph Nae Soi menyiapkan lima strategi khusus membangun ekonomi wilayah itu. Viktor menegaskan sektor pariwisata menjadi pendorong utama kesuksesan pembangunan NTT.

"Pertama, apakah alam dan budaya NTT atraktif? Penelitian saya, 100 persen atraktif," tegas Viktor dalam debat perdana Pilgub NTT, Kamis (5/4).

Strategi kedua Viktor-Joseph ialah membangun akses menuju lokasi wisata. Saat ini, jalan di wilayah itu sangat buruk. Penunjuk arah menuju lokasi wisata pun tak ada.

"Ketiga, akomodasi harus dibangun dan disiapkan dengan baik," tegas dia.

Di luar itu, terang Viktor, prinsip turis berwisata ialah untuk bepergian dengan nyaman dan menyantap makan enak. NTT belum memiliki itu.

Strategi selanjutnya, membangun sarana pendukung seperti restoran, area parkir, dan toilet. Ia mencontohkan keberadaan fasilitas umum di Labuan Bajo.

"Kalau kita ke Labuan Bajo, lihat komodo, toilet cuma ada dua. Antre kencing saja bermasalah, bagaimana?" ucap Viktor.

Strategi terakhir, pemimpin harus mengetahui hal-hal yang semestinya dipahami masyarakat NTT. Terlebih, soal pariwisata.

Viktor menyesalkan pemimpin saat ini yang menggaungkan NTT provinsi wisata. Namun, tak ada gerakan nyata mewujudkan itu. Inilah yang akan mereka ubah seandainya terpilih.

"Gubernur juga menyatakan NTT provinsi pariwisata, tapi tidak paham pariwisata," sesal dia. (Medcom/OL-1)

BERITA TERKAIT