Tunggangan Individu Penting itu Bernama S-Class


Penulis: Nurtjahyadi - 05 April 2018, 08:10 WIB
MI/Ricky Julian
MI/Ricky Julian

SIAPA yang tidak mengenal Mercedes-Benz model S-Class? Sedan mewah itu kerap menjadi simbol dan barometer pencapaian kesuksesan hidup seseorang yang telah berada di puncak.

Kami tidak perlu berpanjang lebar mengangkat sisi kemewahan model tersebut karena telah dipercaya hampir semua negara untuk menjadi kendaraan resmi kepala negara mereka. Bukan cuma mewah, mobil itu juga menyandang fitur keselamatan terlengkap dan tercanggih di antara model keluaran Mercedes-Benz.

Kali ini kami mencoba mengulik model S 450L bermesin V6 3.0 liter biturbo yang mampu menghasilkan output 367 hp di kisaran 5.500-6.100 rpm. Alhasil untuk berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam, S 450L hanya butuh 5,1 detik! Bisa dibilang S 450L tergolong sedan mewah berkemampuan layaknya mobil sport.

Kemampuan itu didukung torsi maksimalnya yang menorehkan angka 500 Nm di rentang 1.600 rpm hingga 4.000 rpm. Dipadu lagi dengan transmisi otomatis 9 speed 9G-tronic yang membuat perpindahan gigi lebih halus. Efisiensi bahan bakar pun tinggi berkat putaran mesin yang dapat lebih rendah karena memanfaatkan torsinya yang besar.

Ketimbang model pre-facelift, sedan berkode produksi W222 rakitan Wanaherang, Bogor, itu menghadirkan ribuan komponen anyar. Sebut saja, lampu depan dengan tiga alis DRL berteknologi LED multibeam yang mampu menjangkau ratusan meter tanpa membuat pengemudi lain silau dan pelek 19 inci baru bermotif 'bilah turbin mesin jet'.

Di bagian interiornya bertaburan fitur-fitur canggih seperti sepasang layar 12,3 inci yang dibuat seolah menyatu seperti yang ada di E-Class. Tiap layar dapat dikendalikan dari tombol-tombol kontrol yang ada di roda kemudi dan tombol kontrol cockpit management and data (comand) di bagian konsol tengah pengemudi. Tampilan layar ada tiga pilihan: classic, sporty, dan progressive.

Fungsi kedua layar itu juga sangat banyak, mulai pengatur radio, navigasi, indikator konsumsi bahan bakar, sisa jarak tempuh, indikator kecepatan, indikator putaran mesin, manual book, pengatur warna cahaya interior sebanyak 64 warna, pendisplai lingkungan sekitar dari kamera 360 derajat di empat penjuru (depan, belakang dan samping), hingga active parking assist. Fitur terakhir itu membuat mobil dapat memarkirkan diri, baik pada posisi parkir paralel maupun seri tanpa campur tangan pengemudi.

 

Fitur kenyamanan

Sedan dengan panoramic roof ganda yang dapat dibuka itu memiliki fasilitas hiburan didukung sistem audio Burmester 26 speaker yang mampu membuai telinga dengan kualitas suara high-end. Semua dapat diatur dengan mudah dari bangku pengemudi.

Walaupun begitu, seluruh fitur kenyamanan maksimal sejatinya ditujukan penuh untuk penumpang di bagian kiri belakang yang menjadi singgasana utama bagi sang pemilik Mercedes-Benz S-Class. Singgasana itu bisa direbahkan dengan mengoperasikan tombol di pintu sampai muncul penopang betis dari bawah bangku dan penopang kaki dari bagian bawah jok kiri depan.

Penumpang di jok kiri belakang juga mendapat fitur fungsi pijat kebugaran yang tertanam pada singgasananya. Itu didukung sepasang layar sentuh 10,2 inci berfasilitas seperti pemutar DVD blue-ray dan TV tuner DVB-T2 untuk melepas kepenatan di sela-sela perjalanan bisnis. Jika terpaksa harus mengerjakan sesuatu di laptop, itu juga tidak masalah karena tersedia power outlet AC 230 volt di bagian tengah.

Bagi pengguna ponsel cerdas terbaru keluaran Iphone dan Samsung, S 450L menyediakan wireless charging di bagian konsol tengah dan di sandaran tangan bagian tengah jok belakang, plus pengecas (charger) untuk baterai remote (keyfob) kunci mobil.

Selain kenyamanan, Mercedes-Benz menempatkan skala prioritas utama pada varian S-Class untuk urusan keselamatan dan keamanan. Berbagai fitur keselamatan, baik aktif maupun pasif, yang tersemat biasanya merupakan yang terbaru dari Mercedes-Benz. Wajar para individu penting memercayakan pilihan kendaraan pada S-Class, termasuk S 450L yang dibanderol off the road DKI senilai Rp2,349 miliar ini.  (S-4)

 

BERITA TERKAIT