Berapa Banyak Data Pribadi Anda yang Direkam Facebook?


Penulis: Cahyandaru Kuncorojati - 30 March 2018, 03:00 WIB
img
AFP

FACEBOOK sedang bernasib sial, celah keamanan di layanannya diketahui dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk mengambil data pribadi penggunanya. Kampanye hapus akun Facebook bergema.

Anda mungkin masih ragu untuk ikut menghapus akun Facebook Anda, tapi tetap ada rasa penasaran untuk mengetahui data pribadi apa saja yang direkam oleh Facebook. Beruntung setelah kasus yang menimpanya Facebook kini menyediakan fitur untuk mengunduh informasi penggunanya yang selama ini disimpan.

Dikutip dari WCCFTech, berikuti Medcom.id sudah merangkum langkah mudah untuk mengunduh data pribadi Anda yang selama ini direkam Facebook, perlu diingat agar trik ini dilakukan lewat layanan Facebook yang diakses di PC atau peramban internet.

1. Masuk ke menu pengaturan atau Settings
Pertama Anda harus masuk ke menu pengtauran atau Settings. Pada halaman linimasa Facebook yang disajikan setelah Anda login, perhatikan deretan ikon yang ada di sudut kanan atas.

Pilih ikon berupa tanda segitiga terbalik yang ada di sebelah ikon tanda tanya. Saat memilih ikon tadi akan muncul kolom berisi menu opsi, pilihan pengaturan atau Settings.

2. Cari menu Facebook Data
Setelah dialihkan ke halaman berisi beragam opsi pengaturan. Pilih menu General Account Settings yang menampilkan nama akun Facebook dan data lainnya, kemudian perhatikan bagian bawahnya.

Anda akan menemukan kalimat pilihan untuk mengunduh data Facebook dari akun Anda. Pilih tulisan yang berwarna biru sehingga Anda akan disajikan kotak dialog yang berisi langkah untuk bisa mengunduh arsip data Facebook Anda yang diam-diam direkam oleh Facebook.
3. Cara mengunduh arsip data akun Facebook Anda
Kini saatnya Anda mengetahui data yang telah disimpan Facebook dari akun Anda. Pilih menu 'Start My Archive' pada kolom yang ditampilkan tadi. Nantinya Facebook akan mengatakan bahwa arsip akan dikirip ke email Anda apabila sudah siap.

Arsip ini nantinya akan dikirim ke alamat email yang Anda gunakan sebagai akun Facebook namun sebelum itu Facebook akan meminta kata kunci atau password akun Facebook Anda sebagai proses verifikasi. (Medcom/OL-8)

BERITA TERKAIT