New Peugeot 3008 Mengaspal


Penulis: Cri Qanon Ria Dewi - 29 March 2018, 00:30 WIB
Antara
Antara

SETELAH tiga tahun vakum, Peugeot kembali menyapa pasar otomotif Indonesia dengan kehadiran New Peugeot 3008. Kemarin, PT Astra International Tbk selaku agen pemegang merek (APM) Peugeot merilis kendaraan lima penumpang.
SUV yang tiga kali meraih penghargaan Fakkar Victory (2016-2018) pada kejuaraan Reli Dakar itu mengalami pengembangan yang cukup signifikan sejak diperkenalkan pada 2016. "Kendaraan ini sangat fenomenal sudah mendapat 35 penghargaan di luar negeri, termasuk tiga kali Dakkar Victory, Europian Car of Year 2017, Reddot Award 2017, dan Best SUV-Car Buyer dua kali (2017-1018)," ujar Operational Manager PT Astra International, Andyka Susanto, di Jakarta, Rabu (28/3).

Kendaraan yang mulai diperkenalkan pada 2016 tersebut memiliki keistimewaan pada tampilan desain interior layaknya kabin pesawat yang terlihat pada dashboard milik kokpit pilot. "Generasi terakhir Peugeot i-Cockpit telah diaplikasikan sebagai konsep baru yang menggunakan teknologi onboard, mudah dijangkau pengemudi, dan terdapat tempat penyimpanan tambahan bagi Anda yang sedang melakukan perjalanan panjang," ujar Andyka.

Untuk memberikan kenyamanan, terdapat layar sentuh 8 inci menyerupai tablet lengkap dengan teknologi terkini di tengah dashboard sehingga pengemudi lebih praktis mengaturnya. Selain itu, ada six elegant piano-key untuk memudahkan mengatur radio, kontrol iklim, parameter kendaraan, telepon, dan aplikasi mobile.

Crossover lima penumpang tersebut didesain multiflex interior, seperti kursi belakang yang dapat dilipat rata. Floor panel bagasi dengan 3 level position memberikan ragam penyimpanan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, terdapat 13 tempat penyimpanan dengan 50 liter ruang penyimpanan yang dapat digunakan.

Kendaraan itu juga dilengkapi electric door mirror, exterior courtesy lighting, automatic windscreen wiper with rain sensor, AC Dual Zone automatic air conditioning system and 2nd row air diffusion, dan cruise control and speed limiter.

Lebih besar
Pada bagian eksterior, New Peugeot 3008 memiliki ground clearance yang lebih tinggi daripada generasi sebelumnya menjadi 219 mm yang diimbangi dengan menggunakan roda 18 inci. Di bagian depan, SUV ini memiliki dimensi lebih besar daripada generasi pendahulunya, yakni panjang 4.447 mm, lebar 1.841 mm, tinggi 1.624 mm, serta wheelbase 2.675 mm yang memberikan kenyamanan pengendara.

"New Peugeot 3008 menggunakan desain lampu depan baru dengan tambahan LED daytime running. Pada bagian belakang, urusan pencahayaan juga mengandalkan teknologi LED sehingga menambah unsur nyaman saat berkendara," tambahnya.
New Peugeot 3008 hadir dengan lima varian warna, yakni pearlescent white, nimbus grey, ultimate red, nera black, dan metallic copper. Pembeli di Indonesia dapat memilikinya dengan harga Rp697 juta. Andyka mengaku, pihaknya sejak enam bulan lalu telah memasarkan New Peugeot 3008 dalam bentuk brosur dan hingga kemarin sudah ada 33 konsumen yang membeli. Ia memperkirakan konsumen menerima kendaraan dalam tiga pekan ke depan. "Tahun ini kami menargetkan penjualan sebanyak 150 unit saja," katanya.

Di sisi lain, General Director for South East Asia PSA Group, Lionel Faugeres, menyatakan optimistis New Peugeot 3008 bisa diterima baik oleh masyarakat Indonesia. Ia yakin memperkuat pangsa pasar di Indonesia akan membantu tujuan PSA Group untuk menjual 50% mobil Peugeot di luar Eropa pada 2020. "New Peugeot 3008 merupakan produk utama untuk menggambarkan strategi pasar kami yang terus meningkat," tutur Lionel Faugeres. (S-4)

BERITA TERKAIT