Es yang Dihasilkan Mesin


Penulis: (ilmudasar. com/Rin/M-1 - 18 March 2018, 00:46 WIB
MI/ADAM DWI
MI/ADAM DWI

SOBAT Medi tahu kah salju itu apa? Salju dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan butiran uap air berwarna putih bagaikan kapas yang membeku di udara dan jatuh ke bumi akibat temperatur udara di daerah itu berada di bawah titik beku. Salju biasanya ada saat musim dingin di negara yang memiliki empat musim atau di daerah yang cukup tinggi.

Di Indonesia ada satu wilayah yang memiliki salju, yakni di Puncak Jaya Wijaya, Papua. Tidak hanya salju, terkadang es itu menjadi kristal es juga lo. Uap air bisa menjadi salju bila suhunya lebih rendah dari 0 derajat celsius, sedangkan di daerah yang suhunya lebih dari 0 derajat celsius uap air akan menjadi hujan. Namun, bukan saja suhu rendah yang mempengaruhi terbentuknya salju lo. Kala uap air turun ke bumi, uap air murni ini akan tercampur dengan partikel-partikel pengotor atau nukleator. Nah, nukleator inilah yang dapat mempercepat fase pembekuan dan perekatan antar uap air sehingga partikel air (yang tidak murni lagi) bergabung dengan partikel lain membentuk kristal yang lebih besar.

Mesin pembeku
Sementara itu, di Snow Park Adventure, salju dihasilkan menggunakan mesin. Di mesin ini, secara teknis air diproses menjadi es. Kemudian, es dihancurkan dan diberikan tekanan udara agar es berbentuk salju. Untuk menjaga suhu ruangan seluas 375 meter persegi itu ada sistem pendingin atau chiller di bagian bawah arena. “Di mana output dingin chiller disalurkan melalui elemen di bagian bawah es,” ujar Pak Tommy L, Center Director Summarecon Mal Kelapa Gading. (ilmudasar. com/Rin/M-1)

BERITA TERKAIT