Kesibukan Dibalik Terciptanya Gim


Penulis: SURYANI WANDARI - 11 March 2018, 04:40 WIB
MI/WANDARI
MI/WANDARI

BEBERAPA ponsel pintar disediakan di sebuah meja kecil yang tinggi. Isi fi tur ponsel itu menyajikan beberapa gim yang bisa dicoba semua pengunjung, tak terkecuali anak-anak lo. Ya, tujuh permainan buatan Korea Selatan ini memang baru diluncurkan di Indonesia Sobat Medi. Diluncurkan Februari di Jakarta, oleh pihak Elite Gim Inc, perusahaan penyedia jasa permainan untuk ponsel dan komputer Korea Selatan dengan kantor regional di Manila, Filipina, para penggemar gim online bisa mencobanya. Bahkan Indonesia negara ketiga yang berkesempatan menjajal tujuh mobile gim itu setelah Korea Selatan dan Filipina. Sebelum download yuk simak Medi!

Indonesia salah satu negara penyuka gim Sobat, apakah kamu juga suka main gim di ponsel atau di komputer? Ya, maklum sobat karena di zaman digital ini semua pasti teralihkan dengan segala sesuatu berhubungan dengan digital pula, termasuk gim. Bahkan Asia Tenggara ternyata merupakan wilayah dengan pertumbuhan pasar gim paling tinggi di dunia lo.

Menurut riset dari Newzoo terdapat lima negara yang merupakan pasar terbesar untuk gim, yaitu Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Indonesia yang memiliki jumlah penduduk banyak pun menjadi pasar yang sangat menjanjikan bagi penyedia gim loh sobat. “Indonesia kami pilih karena pasar gim yang besar di Asia, jumlah pertumbuhan penikmat gim di sini sangat bagus, dan bicara pasar Asia Tenggara tentu tidak boleh lupakan Indonesia,” jelas Romulo Reyes selaku Managing Director of Elite Gim Inc.

Tujuh gim ini inovasi dari industri gaming di Asia. Elite Gim Inc. bekerja sama dengan Gyeongi Content Agency untuk memasarkan sejumlah gim Korea Selatan untuk pasar Asia Tenggara. Mereka pun sangat menantikan tanggapan dari para gamers Indonesia terhadap gim buatannya loh.

Atur strategi
Dari 7 permainan, ada beberapa permainan yang bisa menguji kamu untuk mengatur strategi, salah satunya gim Velator yang merupakan permainan role-playing RTS (real time strategy) berlatarbelakang kerajaan fi ksi bernama Shunhyte. Jalan cerita utamanya, pemain harus membawa maksimal 4 karakter yang dimiliki untuk melewati pertarungan bergelombang, di setiap area. Kalian bisa mendapatkan karakter baru, menemukan peralatan baru, dan juga membuka fi tur-fi tur baru seiring perjalanan permainan. “Aku masih bingung dengan jalannya, tapi di sini aku belajar bagaimana mengeluarkan berbagai jurus agar dapat menang menyerang musuh,” kata Dominique, kelas 3.

Ada pula Clan & Conquest, yakni permainan strategi untuk mempertahankan diri dengan membangun benteng, pasukan dan membentuk pahlawan. Cara untuk menang ialah menyerang benteng pertahanan lawan. Atau ada Crown Masters yang memiliki 3 baris pertahanan, kamu bisa memainkannya secara bersamaan dalam satu layar lo. Pasukan di dalamnya bisa berjalan dua arah, para pemain dihadapkan satu dengan yang lain untuk menyerang atau bertahan untuk melindungi ‘King Slime’ masing-ma sing. Para pemain dapat menggunakan berbagai macam jurus yang terbatas tapi akan terus bertambah dengan waktu tertentu.

Dari puzzle hingga jadi manager Jika sobat Medi tidak menyukai gim saling menyerang, kalian bisa mencoba beberapa permainan lain kok. Misalnya permainan puzzle yang menyatukan kotak bertema traveling dan pariwisata. Bernama Joy Planet, gim ini akan mempunyai tantangan dan fi tur untuk mempercepat atau mempercanggih karakter kalian.

Semakin banyak kotak yang disatukan maka makin banyak poin yang kamu dapat. Atau mau yang berbeda? Ada pula Aero Blaster, sebuah permainan simulator pertarungan pesawat yang dapat diunduh secara gratis. Para pemain dapat menggunakan berbagai tembakan untuk menjadi penguasa angkasa. Dilengkapi dengan berbagai model pesawat dari zaman Perang Dunia II, kalian bisa meng-upgrade kecepatan, pergerakan dan daya serang pesawat, sambil menambah jam terbang.

Wih keren kan sobat? Satu lagi yang istimewa yang sering dinilai seperti permainan monopoly yakni Trade Tycoon yang bisa membeli perusahaan bidang apapun di berbagai negara. Bedanya dengan monopoly yang memakai dadu untuk melanjutkan langkah, di sini tergantung uang yang dia punya.

Ya, disini bisa berlatih untuk menjadi seorang manajer yang fokus pada manajemen sumber daya dan modelnya lebih santai/ kasual. Kalian bisa membangun aset pabrik untuk dijual kembali, serta membeli kebutuhan untuk mengembangkan pabrik tersebut. Beberapa barang bisa dijual lebih mahal di tempat tertentu, dan lebih murah di lokasi lainnya dengan sistem pasar aset.

Dalam membeli aset di sebuah negara kita pun akan mengenal ikon negara tersebut dan mengenal sistem penjualan aset. Seru kan sobat? Untuk saat ini, baru permainan Velator dan Joy Planet yang sudah bisa diunduh gratis oleh pengguna ponsel IOS dan Android di Indonesia. Permainan (gim) Clan and Conquest, Crown Masters, Aero Blaster, Trade Tycoon, dan Hello Hero baru dapat diunduh secara gratis di Apple App Store dan Google Play Store mulai Maret 2018. Namun, sobat, meskipun seru, kalian perlu membatasi bermain gim pada ponselmu ya, selain bisa merusak matamu, kamu bisa kecanduan dan terjadi antisosial. Enggak mau kan? (M-1)

BERITA TERKAIT