Bergulat demi Kesetaraan


Penulis: micom - 10 March 2018, 23:00 WIB

GEMURUH sorak-sorai penonton kompetisi gulat bebas Battle of ­Sexes ­membahana ketika ­Moonbeam naik ring. Berbalut kostum kebesarannya berwarna pink dan riasan wajah, perempuan Meksiko itu beraksi dalam olahraga yang identik dengan kekerasan yang ­disebut Lucha Libre.

Para pegulat perempuan ­Meksiko itu beraksi di atas ring menggunakan nama samaran, sambil ­mengenakan masker guna melindungi identitas mereka. Salah ­satunya Brillo de Luna yang ­memiliki nama ­panggung Moonbeam.
Ibu berusia 42 tahun itu telah menekuni dunia gulat sejak 15 ­tahun silam. Hampir 70 pria takluk ditangan ibu tiga anak itu.

Bagi sebagian orang, Battle of ­Sexes mempromosikan kekerasan. ­Namun, Moonbeam ­menganggapnya sebagai pembuktian perempuan juga bisa melakukan profesi tersebut. Pukulan dan tendangan menghiasi pertarungan pegulat perempuan dan pria itu. Bettle of Sexes dianggap sebagai lambang masalah gender di Meksiko, yakni perempuan terus berjuang demi kesetaraan sosial. ­Sementara itu, ribuan orang dibunuh dan ­diperkosa setiap tahun.

“Kami ingin menunjukkan ­kepada publik dan lawan-lawan kami bahwa kami juga bisa ­melakukan ini. Anda tidak harus menjadi ­seorang yang besar dan kuat. Kami terampil, kami tahu bagaimana cara melawan ­pertandingan dan kami bisa mengalahkan mereka,” kata Moobeam seperti dilansir AFP. Moonbeam selalu mendapat ­dukungan dari ayah dan ­suaminya.

“Gulat membantu perempuan menghadapi ketakutan mereka, dan suami mereka sendiri yang ­sering menindas mereka,” menurut ­Martinez, suami Moonbeam. (M-4)

BERITA TERKAIT