Permohonan JR Saragih Dikabulkan Bawaslu Sumut


Penulis: Puji Santoso - 03 March 2018, 21:56 WIB
img
Ist

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatra Utara akhirnya mengabulkan sebagian permohonan pasangan bakal calon Gubsu/Wagub Sumut Jopinus Ramli (JR) Saragih-Ance Selian dalam sidang putusan sengketa Pilgubsu, Sabtu (3/3) sekitar pukul 20.45 malam.

Anggota Bawaslu Sumut Hardi Munthe, pimpinan majelis musyawarah Penyelesaian Sengketa Pilgub 2018-2023 memutuskan bahwa Ketua DPD Partai Demokrat Sumut itu diperkenankan melakukan legalisasi ulang terhadap ijazah SMA nya kepada Kantor Dinas Pendidikan setempat.

"KPU Sumut diperintahkan melaksanakan keputusan ini paling lambat tiga hari setelah keputusan ini dibacakan," ujar Hardi Munthe pada sidang putusan Bawaslu Sumut yang dimulai pukul 18.00 Wib dan berakhir sekitar pukul 20.35 Wib itu. Dengan demikian, pasangan JR Saragih-Ance Selian berpeluang besar untuk ikut dalam Pilgub Sumut 2018 ini.

Sebelumnya KPU Sumut sempat membatalkan JR Saragih dan pasangannya Ance Selian untuk ikut menjadi kontestan pemilihan Gubernur Sumut periode 2018-2023, dengan alasan leges ijazah SMA atas nama JR Saragih meragukan keotentikannya.

Menanggapi putusan Bawaslu tersebut, salah seorang Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Benget Silitonga menyatakan bahwa keputusan Bawaslu Sumut yang mengabulkan permohonan JR Saragih tersebut, dinilai Benget tidak sesuai dengan fakta-fakta yang terungkap selama proses persidangan.

"Mana ada pernah di persidangan dinyatakan agar ijazah JR Saragih dilegalisir di Dinas Pendidikan tingkat kabupaten/kota," kata Benget kepada wartawan seusai sidang yang berlangsung sekitar dua jam itu.

Benget menyatakan, pihak KPU Sumut akan terlebih dahulu mempelajari salinan keputusan Bawaslu Sumut tersebut sebelum melakukan langkah-langkah hukum berikutnya.

"Kami tunggu salinan putusannya dulu. Baru setelah itu kami akan mengambil langkah selanjutnya," ujar Benget. Di tempat terpisah, JR Saragih bersuka cita atas keputusan Bawaslu Sumut itu.

JR Saragih menyatakan bahwa dia bersama pasangannya Ance Selian akan ikut menjadi pasangan calon Gubernur Sumut pada Pilgubsu 2018. Persyaratan legalisir ijazah SMA sebagaimana diputuskan majelis sidang sengketa Bawaslu, JR akan melegalisirnya di Dinas Pendidikan kabupaten/kota di DKI Jakarta. Selanjutnya, segala persyaratan pencalonan sebagai Gubsu akan disampaikan kepada KPU Sumut.

"Saya akan berkoordinasi dulu dengan penasihat hukum saya, kapan akan kami akan melegalisir," kata JR Saragih yang juga Bupati Simalungun ini. JR Saragih, yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Sumut ini berterima kasih kepada KPU Sumut, Bawaslu serta seluruh pendukungnya yang tetap sabar dan tenang menanti keputusan hukum oleh Bawaslu. "Yang pasti JR - Ance akan ikut sebagai calon Gubernur Sumut pada Pilgub Juni mendatang," ujarnya menjawab wartawan seusai sidang.(OL-3)

echo $details;
BERITA TERKAIT