Setiap Paslon Boleh Punya 5 Akun di Medsos


Penulis: Rendy Ferdiansyah - 02 March 2018, 14:55 WIB
Ilustrasi--thinbkstock
Ilustrasi--thinbkstock

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang hanya mengizinkan setiap pasangan calon (paslon) kepala daerah boleh memiliki 5 akun dalam 1 platfom media sosial (medsos).

Hal itu di utarakan Komisioner KPU Pangkalpinang Wahyu Gusna berdasarkan surat KPU RI No.173 tahun 2018. "Untuk masalah akun ini, berdasarkan Surat KPU RI, setiap paslon hanya boleh membuat 5 akun," kata Wahyu.

Akun-akun yang sudah di buat para Paslon menurut Wahyu harus dilaporkan ke KPU, sehingga KPU dan Panwaslu Pangkalpinang dapat memonitor serta mengawasinya. "Akun-akun medsos paslon harus dilaporkan. Akun yang ada melebih lima tidak diakui, dan dapat ditindak, kita bersama Panwaslu akan memonitor dan pengawasan terhadap akun-akun tersebut," ujarnya.

Pihaknya berharap 5 akun pasangan calon agar dapat mentaati aturan yang ada, dan tidak melakukan penyebaran berita hoax. "Akun yang sudah di daftar ke kita jangan memuat berita hoax dan sebagai sarana untuk saling menjatuhkan antar paslon," pinta Wahyu.

Ia menambahkan dalam rapat koordinasi, KPU, Panwaslu dan para paslon sepakat, bahwa paslon dapat membuat satu posko pemenangan di setiap kecamatan dan kelurahan.

Sementara itu anggota Panwaslu Pangkalpinang Luksin Siagian dalam arahanya meminta para paslon dapat sebaik mungkin menggunakan akun medsos, sebab akun yang ada akan tetap mendapatkan pengawasan.

"Pengawasan bukan kita saja, aparat kepolisian melalui satu cbyer juga melakukan pengawasan, jadi saya ingatkan tolong hati-hati," kata Luksin.(OL-3)

BERITA TERKAIT