Menyuguhkan Inspirasi Asia



Views : 4154 - 29 September 2018, 05:00 WIB
img

PENYELENGGARAAN Asian Games 2018 digelar dengan spektakuler dan membanggakan. Indonesia sukses dalam prestasi serta penyelenggaraan. Dari sisi prestasi, Indonesia finis di posisi keempat.

Indonesia pun dianggap sukses jadi tuan rumah. Setidaknya itu cerminan apresiasi Presiden Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) Thomas Bach yang menyatakan Indonesia pantas jadi tuan rumah pesta olahraga lebih besar, dalam hal ini Olimpiade.

Cerita manis itulah yang perlu ditularkan untuk ajang multi-event Asian Para Games 2018 di Jakarta dan Bogor, 6-13 Oktober mendatang. Pesta olahraga para atlet disabilitas tingkat Benua Asia.

Akan ada 18 cabang olahraga yang bakal dipertandingkan dalam Asian Para Games 2018, di antaranya atletik, badminton, boling, catur, sampai berenang. Dari 18 itu, ada 582 nomor pertandingan yang bakal dipertandingkan. Sebanyak 3.000 atlet dari 42 negara di Asia anggota Asian Paralympic Committee akan turut serta.

Asian Para Games merupakan sebuah ajang yang terlihat serupa dengan Asian Games, tetapi dengan atmosfer berbeda. Dalam ajang ini tidak hanya prestasi yang menjadi pencapaiannya, tetapi juga bagaimana menghadirkan inspirasi serta pemahaman terhadap kesetaraan para penyandang disabilitas.

Asian Para Games 2018 juga akan jadi ajang pembuktian bangsa Indonesia sebagai salah satu negara di Asia yang ramah disabilitas. Hal-hal yang menyangkut kesetaraan, penghormatan, dan penghapusan diskriminasi terhadap para penyandang disabilitas akan lebih jadi episentrum ketimbang jumlah medali.

Dengan terselenggaranya ajang itu, masyarakat juga diharapkan dapat lebih paham isu-isu disabilitas secara umum. Asian Para Games dihelat sebagai bentuk penghormatan.

Penyandang disabilitas punya kesetaraan yang sama untuk dihormati, bukan sekadar belas kasihan. Para disabilitas harusnya punya kesempatan yang sama sebagaimana orang-orang yang punya anggota tubuh lengkap.

Lebih jauh dari itu, bangsa ini juga perlu untuk mengambil inspirasi dari ajang ini, bahwa keterbatasan bukan halangan untuk berjuang menggapai prestasi.

Para atlet disabilitas itu menyuguhkan inspirasi berharga bahwa prestasi itu bisa didapat jika kita fokus atas apa yang kita miliki, bukan pada apa yang tidak kita miliki. Pelajaran bagi bangsa ini, batas diri hanya akan membuat kita berjuang lebih keras lagi menjadi bangsa yang setara dengan negara-negara lainnya di dunia.

Untuk itulah, sudah semestinya antusiasme publik terhadap Asian Games 2018 juga mewujud dalam Asian Para Games 2018. Menyokong upaya pemerintah yang juga berkomitmen untuk memperlakukan prinsip kesetaraan bagi penyandang disabilitas.

Pemerintah telah memfasilitasi arena pertandingan yang ramah disabilitas. Begitu pun dengan penghargaan bagi para atlet disabilitas, mereka akan diganjar dengan bonus yang sama dengan atlet yang berlaga di Asian Games. Marilah kita bersiap untuk menyelenggarakan Asian Para Games 2018 dan menjadikan ajang ini sebagai inspirasi bagi Asia.

 

BACA JUGA
BERITA LAINNYA